Rabu, 13 Maret 2019

Tips Maksimalkan Iklan Rumah Agar Cepat Laku dengan Harga Terbaik

Kebanyak orang yang sedang menjual rumah mereka pastinya berharap agar dagangan mereka tersebut bisa segera laku. Sayangnya, menjual rumah memang tidak semudah menawarkan apartemen. Untuk bisa menjual sepetak rumah ,bisa dibutuhkan waktu hingga berbulan-bulan lamanya hingga menemukan pembeli ideal.

Biasanya, sebuah rumah dengan kondisi rata-rata dapat terjual dalam waktu kurang lebih 3 bulan. Menggunakan jasa agen properti, proses menemukan pembeli memang hanya memakan waktu harian saja. Namun jika Anda ingin menjualnya sendiri, peluang laku masih ada asal mampu menerapkan strategi yang pas. Berikut ini strategi dalam memaksimalkan harga jual rumah dirangkum dari Sindonews.com

Lakukan Perbaikan
Mungkin bisa dikatakan bahwa melakukan renovasi terhadap rumah yang akan dijual adalah sebagai modal awal. Anda harus memastikan setiap bagian, hingga ke detil bangunan mendapatkan perbaikan sesuai kondisinya.

Tampilkan Aslinya
Agar calon pembeli Anda dapat lebih mudah membayangkan potensi yang dimiliki rumah Anda, maka sebaiknya rumah ditampilkan aslinya, tanpa barang-barang pribadi Anda yang belum tentu diperlukan seperti foto keluarga, rak serta meja.

Tunjukkan Nilai Plus
Anda perlu memastikan bahwa calon pembeli mengingat benar nilai kelebihan yang dimiliki rumah Anda. anda pasti mengetahui bagian ini, namun hal sederhanaseperti membuang sampah, cat ulang pintu gerbang hingga merapikan rumput bisa menjadi nilai lebih yang berpengaruh.

Tentukan Harga yang Realistis
Pastinya, setiap calon pembeli akan memilih rumah yang masih masuk dalam jangkauan budget mereka. Harga yang realistis menjadi faktor kunci kecepatan rumah Anda terjual atau tidak. Harga yang terlalu mahal, akan membuat calon pembeli Anda mundur teratur, sementara terlalu murah justru akan membuat mereka ragu.

Lantas bagaiman menentukan harga jual rumah? Berikut ini beberapa tips untuk menentukan harga rumah yang akan Anda tawarkan
1. Ketahui Harga Tanah Sekitar
Patokan pertama Anda adalah harga tanah dengan memeriksa Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di sekitar rumah. Tiap tahun, Anda pastinya mendapat lembar tagihan Pajak Bumi Bangunan (PBB) yang juga mencatumkan informasi NJOPbaik untuk tanah dan bangunan. Nilai dalam NJOP ini umumnya digunakan untuk menentukan nilai terendah penjualan. Tawarkan harga 2 sampai 3 kali lipat dari NJOP.

2. Spesifikasi Bangunan
Apabila properti Anda ada di kompleks cluster dengan model rumah biasa maka akan lebih gampang menentukan harga jualnya. Tapi jika tipikal rumah di kompleks Anda berbeda-beda, makaAnda perlu mengetahui spesifikasi bangunandari luasnya, jumlah kamar berikut kamar mandi, jenis material hingga kondisi rumah. Lalu bandingkan pula harga material pasaran dengan yang digunakan pada rumah Anda.

3. Plus Minus Rumah
Cek juga kondisi global rumah Anda sebelum mulai menawarkan harga. Ketahui juga kondisi plafon hingga rangka rumah. Lakukan perbaikan apabila memang diperlukan sebab adanya kerusakan dapat menurunkan harga secara signifikan.

Perbaikan rumah memang masih bisa dinegosiasikan. Namun dengan Anda yang melakukannya, maka harga jual dapat dipertahankan atau bahkan dinaikkan. Anda boleh saja mengakumulasikan biaya perbaikan dengan harga jual rumah nantinya. Daripada menjual kondisi apa adanya dengan harga yang hancur. Namun semua kembali kepada pililah Anda.

4. Tanyakan pada Agen
Apabila Anda termasuk pribadi yang sibuk dan sangat menghargai waktu dan tenaga, maka tak ada salahnya memanfaatkan jasa para agen properti. Agen yang sudah profesional dan berpengalaman pastinya akan lebih paham untuk menentukan harga jual rumah.

Untuk mendapatkan agen properti terbaik, Anda bisa bertanya kepada broker terpercaya dengan reputasi yang baik. Tak hanya membantu menentukan harga rumah, broker yang baik juga bisa membantu proses pemasaran rumah . Untuk menggunakan jasa broker, biaya yang dikenakan sekitar 2,5% dari penjualan.

5. Bandingkan
Cara paling mudah yang bisa coba Anda lakukan adalah dengan cara membandingkan harga jual rumah-rumah lain yang ada di sekitaran kompleks Anda.Apabila ada rumah yang sedang ditawarkan di sekitaranlokasirumah Anda, maka tak ada salahnya untuk mencoba menyempatkan diri mengunjungi untuk menanyakan langsung pada pemilik. Selanjutnya Anda bisa membandingkan harga rumah mereka dengan rumah Anda berikut keadaan rumah untuk menentukan harga.

Memang, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjual rumah baik dengan cara promosi dari mulut ke mulut, ber-iklan rumah di media cetak, media sosial, hingga memajang iklan di situs jual beli di internet. Namun Anda perlu menerapkan strategi khusus agar penjualan Anda bisa optimal.

Sah-sah saja jika Anda ingin menggunakan bantuan profesional.Fakta membuktikan bahwa keberadaan agen properti memegang peran penting dalam proses menjual rumah, baik untuk harga terbaik dan kecepatan penjualan

Tenaga profesional ini memiliki database, kontak serta perlengkapan yang efektif dan efisien dalam menemukan pembeli terbaik sekaligus mempercepat terjualnya rumah Anda . Apabila Anda memilih untuk menafaatkan jasa agen properti ini, sebaiknya Anda mengetahui latarbelakang, pengalaman serta referensi seperti review positif dan testimoni.

Itulah beberapa tips jual rumah dalam waktu singkat dengan harga terbaik yang bisa Anda terapkan pada properti yang akan Anda jual.